Mahasiswa asal Banten Raih Gelar Master Ushul Fikih dari Universitas Al-Azhar Mesir - KMB Mesir
Kabinet Cekatan 2016-2017
» » » » » » Mahasiswa asal Banten Raih Gelar Master Ushul Fikih dari Universitas Al-Azhar Mesir

Athoillah Muslim, S.H.i, M.A bersama Dosen Pembimbing,
Dosen Penguji didampingi Istri & Ibunda tercinta
KMB Mesir – (5/3/2017) Atoillah Muslim, S.H.i, M.A seorang mahasiswa asal Banten resmi meraih gelar master dalam bidang ushul fikih dari Universitas Islam tertua di dunia, Al-Azhar Mesir.

Prestasi ini menambah deretan mahasiswa asal Indonesia yang berprestasi di Mesir. Tampaknya hari ini akan menjadi salah satu catatan sejarah terindah baginya, melihat raihan prestasi yang terbilang prestis dan langka ini memang tidak mudah dicapai. Pasalnya, butuh ketekunan dan usaha yang ekstra untuk menyematkan gelar master dari Universitas yang dikenal dengan tingkat kesulitan dan ketegasan yang tinggi ini.

Atoillah Muslim yang kerap disapa Atho berhasil mempertahankan tesisnya dihadapan dewan penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Solahuddin Muhammad ‘Abdul ‘Athi Zaydan (Guru Besar Ushul Fikih Universitas Al-Azhar Kairo) dan Prof. Dr. ‘Abdu Salam ‘Abdul Fatah Muhammad ‘Afifi (Guru Besar Ushul Fikih Universitas Al-Azhar Tafahna) dalam sidang tesis yang berlangsung kurang lebih 3,5 jam di Aula Kuliah Syariah Islamiah Universitas Al-Azhar.

Penelitian Atho yang berjudul “Dirasah Wa Tahqiq Kitab Al-Qistas Al-Maqbul Al-Kasyif Lima’ani Mi’yari Al-‘Uqul Fii ‘Ilmai Al-Jadal Wal Ushul” karya Imam Nashir Lidinillah Bin ‘Izzudin Bin Hasan Bin ‘Ali dibimbing langsung oleh seorang pakar ushul fikih ternama Universitas Al-Azhar, Prof. Dr. Mahmud ‘Abdurrahman yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Ushul Fikih Al-Azhar Mesir.

Perjuangan dan kerja keras yang dikerjakan selama bertahun-tahun membuahkan hasil manis, dewan penguji memberikan predikat Mumtaz (Cum laude) untuk tesisnya. Suasana tegang yang sebelumnya menyelimuti ruangan sidang selama berjam-jam seketika berubah menjadi haru dan bahagia setelah dewan penguji membacakan hasil penilaian. Terlebih, Ibunda dan istri tercintanya sengaja didatangkan dari Indonesia untuk turut menemani dalam momen berharga dan spesial ini.

Sidang tesis ini disaksikan oleh Pejabat KBRI Bapak Harun Rasyid dan Bapak Hikmatullah , segenap Keluarga Mahasiswa Banten (KMB) Mesir, Komunitas Muntada (Pasca Sarjana Al-Azhar Indonesia – Mesir), Senat Fakultas, beserta puluhan pelajar dan mahasiswa/i Indonesia di Mesir.

Pemberian Sertifikat Penghargaan oleh Keluarga Mahsiswa Banten (KMB) Mesir

Pemberian Sertifikat Penghargaan oleh Senat Fakultas Syariah Islamiiah

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan pemberian sertifikat dari Keluarga Mahasiswa Banten (KMB) Mesir yang diserahkan oleh Muhammad Zidni Ilmi selaku Wakil Gubernur KMB bersama seluruh jajaran panitia dan pengurus Kabinet Cekatan 2016-2017. Terimakasih kepada seluruh panitia sidang yang secara sukarela membantu kelancaran jalannya persidangan.

“Semoga dengan pencapaian Mang Atho ini, warga KMB Mesir khususnya tidak ada lagi yang merasa kurang percaya diri untuk menempuh pendidikan Pasca Sarjana di Al-Azhar.” ujar salah satu mahasiswa yang akrab dipanggil Bang Dim. -Z- (Foto: Saeful Jihad, Chamdoen Ghozaly Manan, Aal Febriansyah)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply