Program Kerja Departemen Pendidikan - KMB Mesir
Kabinet Cekatan 2016-2017
» » Program Kerja Departemen Pendidikan

     Merujuk pada asas dasar didirikannya organisasi KMB, bahwa KMB merupakan organisasi yang selalu mendukung terhadap peningkatan prestasi dan pendidikan, yaitu dengan meningkatkan wawasan keilmuan dan pengembangan studi anggotanya, maka sesuai dengan tugasnya masing-masing bagi Departemen Pendidikan berusaha merealisasikan cita-cita mulia itu dengan memberikan sarana dan prasarana bagi anggota KMB, guna menumbuh kembangkan kreatifitas dan potensi yang ada, demi kesuksesan studi selama di Mesir. Agar lebih jelasnya kami akan memaparkan beberapa kegiatan Departemen Pendidikan yang kami rasa bisa membantu warga KMB untuk selalu mengembangkan potensinya sebagai insan akademis.





Program Kerja:
1.      Mengadakan malam takrimun najihin
2.      Kajian tematis
3.      Bimbingan Muqoror
4.      Mengadakan Pelatihan Rakit Komputer
5.      Mengdakan Rihlah Religi
6.      Mengadakan Pelatihan Bekam
7.      Mengadakan Kompaq (Komunitas Pecinta Al-Qur’an)
8.      Mengdakan Dialog Keilmuan
9.      Mengadakan Pelatihan Website
10.   Mengupdate Info Kajian Besar (Talaqi, Kajian PPMI, WIDAH, dll)

Program Kerja
1.      Mengadakan malam Takrimun Najihin
Sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap sang Pencipta, juga sebagai rasa penghormatan kami kepada orang-orang yang berprestasi, untuk itu kami mengadakan Malam Tasyakuran Najihin sebagai bentuk rasa syukur kita bersama kepada sang Pemberi Kehendak. Karena apa-apa yang telah kita kerjakan sudah mendapatkan gantinya khususnya dalam penguasaan materi kuliah, beberapa bulan setelah ujian selesai dan hingga nilai diumumkan. Depdikpun langsung bekerjasama dengan bagian Pendataan untuk memastikan prosentase tingkat kenaikan warga KMB, setelah dilihat ternyata tingkat kenaikan warga KMB cukup signifikan, bisa dilihat pada table berikut:
Data prestasi ini kami ambil pada tahun ajaran 2012-2013 dengan rincian sebagai berikut:
1.      Predikat Manqul II                 : 10 orang
2.      Predikat Manqul I                   : 9 orang
3.      Predikat Maqbul                     : 11 orang
4.      Predikat Jayyid                       : 12 orang
5.      Predikat Jayyid Jiddan            : 3 orang
6.      Predikat Mumtaz                    : 1 orang

2.      Kajian  Tematis
Kajian Tematis pada tahun ini kita membahas seputar tema-tema yang sedang hangat dibicarakan atau sedang popular dibahas seperti seputar tentang Haji & Umrah,  yang dipresentasi oleh  salah satu warga KMB, meski tidak banyak yang hadir tetapi antusias warga yang hadir pada waktu itu sangat tinggi sekali dalam menela'ah dan memperhatikan apa yang diterangkan oleh presentator. Dan Alhamdulillah Diskusi Tematis ini terlaksana selama 2 minggu sekali sampai sebelum satu bulan masa ujian termin satu.



3.      Bimbingan Muqoror
tujuan utama kita sebagai mahasiswa tentunya tidak ingin mengabaikan mana yang lebih menjadi prioritas utama, maka dari itu pembekalan untuk menghadapi mata kuliah Universitas Al-Azhar senantiasa kami lestarikan terkhusus sebelum masa Imtihan tiba,agar warga KMB tercinta selalu terjaga kadar intelektualannya sebagai mahasiswa.

4.      Mengadakan Pelatihan Rakit Komputer
Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan zaman di era globalisasi saat ini semakin pesat, apalagi dari segi teknologi, dilandasi hal tersebut maka kami mencoba tetap menjaga keseimbangan intelektual di era masa modern saat ini.Alhamdulillah berjalan dengan baik, dengan pemateri yang sudah teruji se masisir, yaitu group Mitrasoft 8.

5.      Mengdakan Rihlah Religi
Program ini dilaksanakan sebulan sebelum masa ujian termin I, Alhamdulillah antusias warga begitu positif, rihlah ini berkunjung ke Makam Para Aulia yang ada di kota Cairo.

6.      Mengadakan Pelatihan Bekam
Selain pengobatan yang modern dengan obat kimia, ternyata ada cara yang lebih ampuh dan mengikuti sunah Rasulullah SAW, yaitu pelatihan bekam yang saat ini popular di kalangan masyarakat tanah air,  dengan adanya program ini Kami mencoba mengajak warga agar mengenal dan bisa melakukan praktek pengobatan ini agar bisa bermanfaat sebagai sarana pengobatan warga KMB tercinta.

7.      Mengadakan Kompaq (Komunitas Pecinta Al-Qur’an)
Rencana kami ingin meneruskan program ini, karena pada pengurus sebelumnya berjalan tetapi tidak maksimal, program ini terdiri dari Tahsin dan Tahfidz.Alhamdulillah program ini cukup berjalan setaip minggunya.Dibimbing oleh Ust.Yusuf Herman dan mengkaji kitab Tafsir Wal Mufassirun.

8.      Mengdakan Dialog Keilmuan
sebelumnya program ini direncanakan pada saat termin II, tetapi dikarenakan ada pergantian program, kami kedepankan dan Alhamdulillah berjalan cukup baik, dengan pemateri ketua PCINU VI Mesir Ust. Nora Burhanuddin, Lc.






9.      Mengadakan Pelatihan Website
Sebelumnya KMB mempunyai website yang sudah jarang dipakai , dengan program ini kami berencana untuk membuat kembali website baru KMB,agar warga bisa mengakses informasi terbaru dan tentunya bisa diakses dimana saja. Alhamdullah program ini terlaksana bekerjasama dengan kekeluargaan Kemass dan berjalan 2 hari, dengan pemateri Ust. Junaidi Masykuri

10.   Mengupdate Info Kajian Besar (Talaqi, Kajian PPMI, WIDAH, dll)
Alhamdulillah kami tidak pernah ketinggalan informasi terkait program ini, karena kami selalu melakukan Chek media Sosial Facebook setiap harinya.


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply