Selayang Pandang Kuliah di Al Azhar Kairo (part 2) - KMB Mesir
Kabinet Cekatan 2016-2017
» » Selayang Pandang Kuliah di Al Azhar Kairo (part 2)



B. Sekilas Tentang Mesir
Menempati wilayah seluas 1.002.000 km2, Mesir termasuk negara yang pengaturan penduduknya paling tidak merata di dunia.dimana hampir hampir 99% penduduk tinggal berdesakan pada sekitar 4% dari seluruh luas areal ( sepanjang sungai nil ). Penyeabnya tentu karena 96% wilayahnya terdsiri dari padang pasir yang gersang. Panduduk negara ini sekarang mencapai -/+ 68,5 juta jiwa.dengan kepadatan penduduk 62jiwa perkilometer persegi.Walau begitu pemerintah terus berusaha agar penyebaran penduduk tidak ahanya berpusat pada kota-kota lama, tapi juga menyebar pada kota satelit baru, seperti 6 october city,10 th of ramadhan city, sinai dan kawasan upper egypt.
Mesir terletak antara benua asia dan Afrika, meskipun orang banyak menganggap sebagian dari afrika, karena lebih dari 90% datarannya ada di Afrik, Posisi Mesir yang dekat dangan Asia dan bersebrangan dengan Eropa memang keliahatan srategis. disebelah utara berbatasan dengan laut tengah, sebelah selatan dengan sudan, sebelah barat dengan Libya sebelah timur dengan laut merah dan palestina dan Israel. Negara yang luasnya lebih besar 2 kali dari pada pulau Sumatera adalah produsen katun terbesar dan merupakan eksprotir kapas keenam dunia .Selain juga termasuk negara dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak, terutama kota kairo yang terkenal padat.
Mesir dengan nama lengkap Jumhuriyah Misr Al-arabiya (Arab republik of Egypt) dengan ibukota Kairo dan mata Uang Egypt Pound (-/+ 1 Eg p= Rp. 1.700) mempunyai empat musim yaitu (panas, semi, dingin dan gugur) dengan bahasa Arab sebagai bahasa kesehariannya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply