Selayang pandang kuliah di Al Azhar Kairo (part1) - KMB Mesir
Kabinet Cekatan 2016-2017
» » Selayang pandang kuliah di Al Azhar Kairo (part1)


A. Sejarah Al Azhar
Pada mulanya Al-Azhar adalah sebuah masjid besar yang dibangun oleh panglima Jauhar Ash-Shiqilli pada tahun 970 M/359 H,
atas perintah khalifah Mu'iz li Dinillah Ma'ad bin Al-Manshur 931-975 M/319-365 H,khalifah keempat dari dinasti Fatimiyah. Saat ini Al-Azhar merupakan universitas tertua di dunia yang telah banyak mengeluarkan ulama ternama diantaranya; Muhammad 'Abduh, Jamaluudin Al-Afghani, Yusuf Qardhawi, begitu juga dengan pakar tafsir kita Prof. DR. Quraish Syihab. Masa keemasan Al-Azhar terjadi pada abad 9 H/15 M. Banyak ilmuwan dan ulama Islam bermunculan di Al-Azhar saat itu, seperti Ibnu Khaldun, Al-Farisi, As-Suyuthi, Al-'Aini, Al-Khawi, Abdul Latif Al-Baghdadi, Ibnu Khaliqan, Al-Maqrizi dan lainnya yang telah banyak mewariskan banyak ensiklopedi Arab. Usia seribu tahun lebih tentu saja banyak mengalami dinamika dan romantika. Walau uzur namun Al-Azhar tetap menjadi pavorit dan masih bisa dijadikan kiblat ilmu-ilmu Islam saat ini. Hal itu dapat dilihat dari antusiasnya para tholibul 'ilmi dari penjuru dunia berdatangan ke negeri kinanah. Untuk wilayah Timur Tengah, rating tertinggi pelajar tanah air masih didominasi Mesir dengan universitas Al-Azharnya.
Al-Azhar bisa tetap terus eksis, tak lebih karena harta waqafnya. Baik sumbangan para dermawan dan muhsinin maupun dari waqaf abadinya. Pernah dahulu harta kekayaan Al-Azhar mencapai sepertiga harta kekayaan negara. Namun sejak waqafnya diambil alih pemerintah, banyak terjadi perubahan-perubahan signifikan. Saat ini Al-Azhar mempunya 3 rumah sakit universitas; Hussein Hospital, Zahra' Hospital, dan Bab El-Syari'ah Hospital,dll.
Lembaga Al-Azhar dipimpin oleh seorang figur sentral yang dinamakan Syeikh Al-Azhar Al-Akbar, saat ini dipimpin oleh Syeikh DR. Ahmad Thayyib, Sedangkan universitas Al-Azhar dipimpin oleh seorang rector.

«
Next
Newer Post
»
Previous
This is the last post.

No comments:

Leave a Reply